Posted by: wibi | December 24, 2007

Promosi Usaha di Waktu yang PAS..

Prefere 72 – Dago, 17.22 wib, karena di sini blum ada wi fi, jadi baru di-upload pukul 02.03 wib, teuteup at cozy home..

Hmm..Kadang kita selalu berpikir, saya sih sebenarnya yg selalu berpikir..
Gmana ya promosi usaha yg efektif? murah? dan tepat sasaran..

simple-nya sih begini katanya, lakukan promosi ke sebanyak mungkin orang, kapanpun dan dimanapun..
Layaknya nelayan menebar jalanya di tengah lautan kala menangkap ikan.. pastilah ada beberapa yang nyangkut..

Nah pengalaman promosi yg baru-baru ini saya alami cukup kocak dan menggelitik.. khususnya bagi para jomblo termasuk saya..
Anda tertarik? silahkan lanjutkan membaca tulisan ini =)

Begini ceritanya, Anda pernah kan hadir di suatu acara pernikahan? Kawan, Kerabat atau Saudara sekalipun..
Nah kemaren,tepatnya hari Sabtu di 22 Desember, bertepatan dengan hari Ibu, saya memperoleh 3 undangan pernikahan sekaligus dalam satu hari..

Senang dan repot bercampur aduk.. Senang karena bisa bertemu dengan teman-teman dan bersilaturahmi, dan hadir di acara bahagia kawan yang melangsungkan acara pernikahan.. Repot, karena jadwalnya berdekatan, dua di siang hari, dan satu di malam hari. Repotnya adalah ketika harus membawa baju batik 2 biji, iyalah dua, masa mau make baju yg sama dipake siang dan malam, apa gak bau tuh hehehe.. Kesang meeenn!!

Yang menarik adalah di acara pernikahan yang terakhir, yaitu pada malam hari, ketika salah seorang teman wanita saya memperkenalkan teman wanitanya..

“Hai Wibi, ini kenalin temen gw, yg waktu itu mau mesen poster”, katanya.. “Namanya Savitri”, katanya lagi.
“Owiya, yg dulu pernah nelepon ya?”, tanyaku. “Gw Wibi, temennya Cinta”, aku memperkenalkan diri pada wanita manis berjilbab bernama Savitri.
Iya, teman wanita itu bernama Cinta, yang memperkenalkanku pada Savitri.

“Rumahnya dmana? Kos ato Rumah sendiri?”, tanyaku polos.
“Ih Wibi kok buru-buru amat sih, to the point gitu”, heran Cinta..

“Lho kenapa gitu Cin? Kan mau nawarin laundry, siapa tau mau cuci pakaiannya”, aku bersilat lidah..
“Oh..”, dengan nafas lega Cinta berbicara. “Iya Vit, Wibi juga punya usaha laundry di Tubagus, dia Wiraswasta”, puji Cinta pada diriku..

Wah waktu itu serasa terbang perasaanku dipuji seorang Cinta..Bagaimana tidak, Cinta kan juga cantik..Sedangkan diriku? siapa sih Wibi..

Back to the topic,laundry-nya dimana gitu Wib?”, Savit mulai penasaran.

“Wah mulai nih nanya-nanya”, gumamku. Ok, aksi promosi dimulai.. Dimulai karena Savitri mulai masuk dalam “perangkapku”, perangkap jualan maksudnya hehe..

Di jalan Tubagus Ismail Raya No.22, tepat di depan Mess Bank Indonesia”, jawabku dengan penuh antusias.. Iyalah kudu antusias, namanya juga jualan..

Kemudian aksi berlanjut, “Nomer HP-nya berapa? Supaya bisa antar jemput nantinya”, aku bertanya. Wah enak ni usaha laundry, bisa jadi alasan berkenalan dan nanya nomer HP, “lumayan mumpung masi searching”, gumamku dalam hati..Dasar gombal Lu Bi.. eitss, gombal gak papa, asal bisa membuktikan kegombalannya, bukan sekedar bull shit, iya bull shit yang cuma omong kosong doang, yang cuma mau gaya doang, dan yang cuma lainnya, lainnya and so on.

Terus langsung dengan aksi berikutnya. Kebetulan aku punya usaha percetakan juga. Di percetakan itu, aku biasa mengerjakan pesenan undangan pernikahan, kalender, dan lain-lain yang berbau cetak-mencetak. Bisa jadi senjata untuk tahu status Sang Wanita yang kita ajak ngobrol juga ni.. Begini triknya..

“Udah punya calon?”, tentu bertanyanya harus dengan nothing to loose supaya hati siap apapun jawabannya..

Misal jawabannya udah.. Nyesek kan Lu hahaha… eitss salah Lu, aku bisa berkelit lagi.. “Wah bisa nyetak undangan di gw dong”, harga mah bisa diatur.. Ini sebenarnya excuse karena sudah patah hati duluan tea haha.. Gak papa, masi ada peluang untuk tetap menghasilkan uang… Tinggal di folow up aja terus..

Kalo jawabannya belum.. Ini yang ditunggu-tunggu kan.. Selanjutnya mah terserah Anda, mau dilajutkan atau bagaimana.. Yang penting mah, jualan jalan, searching juga lanjut terus….

Begitulah nasib jomblo karena pilihan… halah, excuse again.. Nah bagi temen-temen yang terinspirasi dari cerita di atas, boleh kok Kalian “mencatut” nama laundry clean and fresh untuk cuci mencuci dan Widagdo Production untuk cetakan, ada komisilah yang pasti hehe.. Yang penting, You senang, Ai senang kita jalan, Lu susah, cari dulu temen yang lain, kalo udah sukses, baru bagi-bagi ke Ai hehhee…

Untuk hal catut-mencatut ini, ketika aku share mengenai pengalaman ini, sudah banyak temen-temen yang bersedia ternyata.. Bahkan Gitong, Sang Kepala Budayawan Siawares, yang juga ahli campaign dan pemilik GagasImaji– suatu usaha Desain Website-, bilang, “Wah promosi yang cerdas Wib, maulah gw jadi markteting Lu”, tegasnya.

Iyalah, bisa jadi senjata untuk mengenal dan mengetahui status Sang Wanita dengan cepat dan akurat sekaligus berjualan hehe.. Malah ada yang menawarkan untuk membeli franchise laundry ini.. “Bi, aku yang pertama beli ya kalo udah di-franchise-kan”.. Tuh kan peluang yang bisa jadi duit lagi hehehe..

Selamat berpromosi dan searching wanita idaman Kalian masing-masing.. Perjalanan ini masi panjang Kawan, jadi nikmati sajalah… (curhat colongan mode on..)


Responses

  1. :)), hebat bos wibi. Nemu pick up line yang nendang banget. Nanti gw kalo udah punya duit invest di laundry dikau ya. biar bisa ikutan promosi

  2. hahaha!! lo banget lah bi!! ;p

  3. asik juga cerita nya bi, apa kabar lu? hehe…

    salam dari batam…, tapi istri mah masih di bandung..

  4. bi keren2, hayu terus kau kembangkan ya nak kemampuan menggocekmu,biar ku juga bisa curi2 srategi…:D

  5. hahaha.. trus jadi jawaban atas “udah punya calon?”nya apa Bi? udah atau belum? :p semangat lah Bos.. gw mendukung dan siap membantu.. hehehe…

  6. hahaha bi, sekalian dong..
    “suka pancake atau waffle ngga?”

    nah, kalo jawabannya “iya!!”
    “wah, pas bgt tuh.. ada restoran pancake baru loh. namanya MapleSnuggles, di jln Laswi dkt cizz. katanya enak loh! nyobain yuuk..bisanya kapan?”
    *sukur2 dari tau tlvn, dpt kencan pertama..*

    nah, kalo jawabannya “ngga!”
    “wah sayang ya, padahal ada restoran pancake baru. namanya… eh iya, tapi tempatnya enak deh buat hangout2 ngobrol2 aja. cobain yuk, katanya ada diskon selama desember…”
    *teteuuuuup*

    hahaha..

  7. Gocek terusss…
    Awas kena penalti…

  8. future “Tung Desem”, salut euy… klo bisa di bukukan bi… peluang bisnis juga tuh…

  9. Bi, Ruuaarr Biaassaa… Salud boss…
    Teruskan perjuanganmu nak… Semoga menjadi Besar dan Sukses… Jangan lupa sekalian buat bukunya boss… Pati gua bantu untuk marketingnya dech…

  10. Gitong: iya Tong, ini baru kepikiran setelah ngobrol santai bareng Lu ini juga..menjalar kmana2 deh haha..siplah, ditunggu kucuran dananya🙂

    Rieka: angger Lu mah hehe..

    Vicky: alhamdulillah kabar gw baik2 aja Bos..salut euy ama istri Lu, terus maju dengan the funky jilbabersnya..

    Andik: ah Kau bisanya nyontek doang hahaha..situ yg lebih pinter juga..terbukti kan sudah menggaet wanita idamanmu hehe..

    Pipie: iya Pie, dukung ya Pie..ketik C spasi D (Cape deehh..) haha..

    Indi: wah cerdas juga, numpang promosi di blog gw hehe..maju terus Ndi pancakenya..

    Ebonk: kan udah kenal ama wasitnya, jadi cincailah hehe..

    Bagus: wah Gus, terimakasih idenya, bisa juga tuh, tapi ntar sapa yg mau baca ya? salam dr bdg utk teman2 d Batam ya Gus..

    Bees: halo Es, nuhun Bos atas dukungannya, maju terus di Sony Ericsson..salam utk istri tercintamu..🙂

    untuk semuanya:
    thanx ya udah mampir dan kasi comment..

  11. haha.. ngakak g bacanya bos.. mending lo ikutan acara “akhirnya datang juga”, kayanya bakal menang lo,^_^

  12. tolong mas yang satu itu nggak usah diajak-ajak..
    kkekekekekk..
    :p

  13. cieee… Ghea khawatir Masnya lari ke lain hati ya ekekkekk…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: