Posted by: wibi | January 7, 2014

Harga Sebuah Nama

diposting Selasa, 7 Januari 2014

(draft Bandung, 1 Januari 2014)

Awal tahun ini diawali dengan komitmen selama 30 hari untuk menulis di blog yang pernah dibuat sebelumnya dengan tagar #30Tulisan.

Hmm, menarik. Ini tentang komitmen pribadi. Sebagaimana komitmen saya di 2013 untuk tidak membeli celana Jeans Levi’s yang tidak pernah ada sale-nya itu.

Tentang apa ya.. Ahaa, kebetulan, dapet tagihan utk memperpanjang nama domain dari Jasa Penyedia Domain. Ok, langsung deh dibayar tagihan itu. Murah, hanya Rp.95.000 per tahun.

Teringat seorang kawan, yang bukunya lahir dari sebuah blog, dari tulisan-tulisannya, teringat gaya tulisan Sang Pencipta Tokoh LUPUS, Hilman Hariwijaya.

Sayang, nama blog hits-nya lupa diperpanjang. Alhasil, nama domainnya sudah dibeli orang lain, dan ketika akan diperpanjang, sudah keburu dibeli orang lain dan lebih mahal harganya.

Sama seperti halnya nama domain wwwDotLunaMayaDotCom, kalo kita perhatikan, itu isinya kosong. Orang hanya membeli nama domainnya saja, memanfaatkan ketenaran seorang Luna Maya. Mungkin bisa jadi, nama domain itu sengaja terus diperpanjang dari tahun dibuatnya semenjak 2002 sampai sekarang, hanya untuk mem-block, supaya nama domain itu tetap dimiliki oleh dia. Ketika sang punya nama, Luna Maya sendiri ingin memilikinya, bisa jadi harganya selangit. Dan memang itu tujuannya, menjual nama domain itu ke si pemilik nama aslinya dengan harga mahal.

Contoh lain, kita lihat ke belakang tahun 2012, ketika Andik Vermansyah sempat menjadi bintang di ajang Sepakbola AFF. Malam itu juga, nama domain AndikVermansyahDotcom sudah ada yang memiliki. Namun sekarang nama domain itu sudah bisa bebas dimiliki oleh siapa saja.

Itulah harga sebuah nama.

Nah, untuk Anda yang ingin memiliki nama domain dengan nama Anda sendiri, silahkan dicek, apakah sudah ada yang punya atau belum?

Selamat men-check.


Responses

  1. Oooh jadi begituuu toh yang terjadi! *gaptek*
    Thanks, Wibi, untuk wawasannya!๐Ÿ™‚

    • Siiip. Sama2 Heidy..๐Ÿ™‚
      Terimakasih sudah mampir di blog-ku..

  2. Mana nih janjinya terus nulis di blog? Salam dari Medan๐Ÿ™‚


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: