Posted by: wibi | December 26, 2007

Dua tips penting dalam berbisnis..

cozy home, 03.12 wib

Ada dua tips penting dalam berbisnis, yaitu :

1. Buy low, sell high.. Beli murah, dan jual dengan harga tinggi..

2. Collect early, pay later.. Kumpulkan cepat, bayar belakangan..

Untuk penjelasan selanjutnya, tunggu sebentar lagi ya.. mau tidur dulu euy, ngantuks.. hehe..

cozy home, 02.36 wib (melanjutkan tulisan di atas..) 27 Desember 2007

Baik, saya lanjutkan tulisan di atas..

1. Buy low, sell high.. Beli murah, dan jual dengan harga tinggi..

Untuk hal ini, sepertinya anak kecil juga tau ya.. gak papa, saya juga baru “ngeh” kok waktu membahas hal ini bersama mantan country manager Accenture, sebuah perusahaan konsultan manajemen, Pak Heru Prasetyo namanya, di sebuah cafe lantai 46 di Gedung BNI 46 beberapa tahun yang lalu..

Semua pasti sepakat akan hal ini..Kita selalu mencari source yang paling murah untuk kita jual ke pelanggan dengan harga yang pantas, dan kalo bisa dengan harga yang setinggi-tingginya, yang masi bisa diterima oleh konsumen, agar kita sebagai penjual, mendapatkan profit yang setinggi-tingginya pula..

Sebagai contoh, saya selalu mencari harga pasokan kertas untuk usaha cetakan saya yang paling murah dengan kualitas yang sama. Biasanya mencari di pusat-pusat perdagangan kertas, seperti misalnya di Astana Anyar. Dan meminta diskon besar-besaran untuk supply barang yang lain. Untuk harga jualnya, sebisa mungkin dinegosiasikan dengan konsumen. Intinya sampai terjalin kata sepakat, dan suka sama suka. Anda puas, kami lemas hehhe… (just kidding Bos..) Begitu juga dengan usaha laundry yang saya jalani.

Kalo di dalam investasi Foreign Exchange (Forex) berlaku hukum :

Buy On Low, and Sell On High.. Beli di saat harga rendah, dan jual di saat harga tinggi.. Intinya sih sama, mencari source termurah, dan jual dengan harga tinggi..

Hanya saja, kita terkadang tidak tahu, kapan harga itu benar-benar mencapai titik terendah, dan kapan harga itu mencapai titik tertinggi.. Di sinilah analisis kita diuji.. Dan, insting pun dilatih.. Sekali kita masuk pasar, apapun resikonya, sebisa mingkin diminimalisasi dan ada rencana selanjutnya, mau ngapain setelah itu..

2. Collect early, pay later.. Kumpulkan cepat, bayar belakangan..

Nah untuk yang ini, simple-nya adalah, bertransaksi secara kredit.. Ini sering disebut-sebut oleh beberapa entrepreneur sebagai berbisnis tanpa modal.. Kita minta pembayaran di belakang kepada para supplier, dan minta pembayaran cash kepada konsumen..

Uang yang dibayarkan cash oleh konsumen, bisa kita putar lagi untuk keperluan yang lain.. Yang bisa menambahkan keuntungan.. Ati-ati, jangan kebablasan muternya, nanti bisa-bisa tekor di tengah jalan..

Atau, kalo kita sebagai sales, kita minta barang duluan, untuk dijual ke konsumen, dan melakukan pembayaran ke supplier setelah barang yang kita jual laku.. Kalo di usaha kelontong, konsinyasi namanya alias jual titip.. Sangat menguntungkan buat yang dititipi.. Tanpa modal dan resiko kecil, tapi tetap memperoleh laba..

Nah kalo cara ini dilakukan, alangkah beruntungnya Anda, yang mengetahui betapa dahsyatnya penggunaan kartu kredit.. Ada beberapa teman saya yang melakukan trik ini.. Bahkan mereka memiliki 5 atau lebih kartu kredit untuk digunakan sebagai modalnya dalam berbisnis.. Untuk menutupi jatuh temponya, mereka menutupi dengan kartu kredit yang lain, begitu seterusnya.. Tentu hal ini harus dilakukan dengan disiplin yang ketat.. Tulisan mengenai ini akan ada bahasan khususnya, InsyaAllah..

Dan yang paling penting dalam trik yang kedua ini, collect early pay later, adalah building trust.. Membangun kepercayaan. Ini tidak bisa dilakukan dalam sehari.. Ini dilalui melalui beberapa proses yang kontinyu dan konsisten.. Memegang janji dan selalu ingat bahwa kita punya kewajiban.. Ditagih hutang? ya gak masalah.. Hutang itu mulia kok kalo kita bisa membayarnya..

Itu dulu mungkin yang bisa saya sharing dari hasil pertemuan saya dengan Pak Heru Prastyo sambil makan siang di cafe Cilantro milik Pak Sukiyatno, Bos MRA (Mugi Rekso Abadi) Group, pemilik beberapa merk majalah terkenal seperti FHM, Cosmopolitan, dan Radio terkenal Hard Rock FM.
Semoga bermanfaat.. Salam sukses selalu..

Responses

  1. Edun…Makin Cihuy aja abang kita ini… Bolehlah kita berbagi ilmu bang… Bersua di salah satu cafe di jakarta juga Wokeh tuch… hehehe… Ku tunggu di jakartaku… whuheuheuheu

  2. halo Bos Bees..wah Bos ini memang suka berlebihan, ane masi belajar Bos..siap, kapan2 eike main k Jakarta ya..🙂 dan minta ilmu sama sampean hehe..

  3. hehehehe keren juga dikau yach bi….
    salut dech buat dikau…buat be-es juga….keep your fighting spirit aja yach…

    btw bener kok hutang itu ndak masalah yang penting harus dibayar hihihihi ;p

  4. […] jurus collect early pay later dipake ni […]

  5. […] Tidak perlu mengeluarkan uang pada saat itu juga (collect early pay later..) […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: