Posted by: wibi | June 14, 2008

The Great Madinah..

Mura Bustan Compound, Jeddah, 06.09 KSA

Sujud syukur.. Alhamdulillah, dalam perjalanan hidup saya, ada satu masa, kesempatan yang indah untuk mengunjungi Makam Nabi besar Muhammad SAW di Mesjid Nabawi, Madinah.

Berangkat dari Jeddah pada hari Rabu pagi (11 Juni) bersama keluarga Om Raimy Sofyan yang sangat harmonis, penuh canda tawa selama di perjalanan. Jarak yang ditempuh kurang lebih 425 km, dengan kecepatan rata-rata 120 km/jam, perjalanan dapat ditempuh selama kurang lebih 4 jam. Cepat sekali ya.. Ngebut?? Sangat memungkinkan.. Jalanan di Arab ini besar-besar, halus seperti jalan tol di Indonesia, dan luruuuuusssss terus. Apalagi mengendarai mobil yang nyaman sekelas Lexus RX 330.

Hanya saja, agar berhati-hati dalam berkendaraan. Banyak check point kita lewati selama perjalanan menuju Madinah. Kecepatan melebihi 120 km/jam, bakal kena tilang. Dan mahal, amat mahal untuk ukuran saya saat ini๐Ÿ™‚ (who knows, maybe next time for me it’s just for parking fee at luxurios place hehehhe..amin..). 100 Riyal musti kita rogoh.

Ok, kami memasuki kota Madinah yang lebih hijau dibanding kota Mekkah dengan hati bahagia. Bagaimana tidak, sesaat kami memasuki kota ini, kabar baik datang dari Bandung, bahwa Reza, adik Fera lulus dan keterima di SBM ITB. Alhamdulillah.

Lanjut dengan check in di sebuah hotel bernama The Oberoi Madina dekat dengan Mesjid Nabawi. Hal ini memungkin kami untuk melakukan solat lima waktu di Mesjid terbesar di dunia yang pada musim Haji, bisa menampung jama’ah sampai 1juta orang. Wow…

Mesjid seluas itu tetap sejuk, karena dilengkapi dengan AC yang dialirkan melalui pipa bawah tanah dan didistribusikan ke setiap penjuru Mesjid melalui bagian bawah setiap pilar. AC Sentralnya pun dibangun di lahan seluas 70ribu meter persegi.

Nah, di Mesjid yang luas itu, terdapat suatu area yang dinamakan Raudah. Areanya kurang lebih 144 meter persegi, 4 pilar ke kanan dari Pusara Nabi, dan 4 pilar ke belakang dari Mihrab Nabi. Berlapis karpet hijau, diantara pilar-pilar marmer berwarna putih. Letaknya tepat diantara makam Nabi dan Mimbar Nabi. Menurut Hadis Nabi, Raudah juga merupakan taman surga, dan merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa.

Butuh perjuangan untuk sampai ke tempat ini. Bagaimana tidak, dari Ribuan jama’ah yang memadati Mesjid Nabawi, semua berharap untuk Solat di sini. Selap selip, melewati banyak orang dan sabar itu kuncinya. Untung badan saya kecil, jadi bisa juga sampai ke tempat ini.

Nah setelah sampai di daerah Raudah, jangan berhenti untuk dzikir dan berdoa, supaya tidak “diusir” oleh jama’ah yang lain. Iya, tempat ini bukan untuk melamun, apalagi tiduran. Duduknya itu, saking rapatnya, Tahiyatul Akhir yang biasanya kaki kiri saya lipat ke dalam, ini gak bisa. Luar Biasa. Dari situ saya mengambil pelajaran, bahwa jika umat islam bersatu padu, rapat dan mempunyai tujuan yang sama, kekuasaan yang dulu pernah dicapai pada zaman Nabi, InsyaAllah akan tercapai kembali. Amin..

Tiba saatnya untuk berbelanja. Teuteup.. Bukan belanja sih sebenarnya, liat-liat aja. Ada yang cocok, (cocok di saku maksudnya) baru dibeli. Waktu yang leluasa untuk jalan-jalan di sekitar Mesjid Nabawi adalah setelah Solat Isya dan Subuh. Banyak toko-toko di dalam hotel, seperti Pasar Baru Bandung suasananya, yang menjual aneka ragam barang. Mulai dari tasbih, sajadah, bed cover, parfum, jam tangan dan lain-lain. Jangan khawatir mengenai transaksi. Banyak penjual disini bisa berbahasa Indonesia. Halal, halal, itu kata akhir pada setiap transaksi..๐Ÿ™‚

Pagi sebelum solat Jum’at, kami kembali ke Jeddah. huufff, unforgettable impressive moment for me..

Thanx God, Om Raimy, Tante Feli, Fera dan Reza..

dan kedua orang tuaku untuk restunya.


Responses

  1. Ehem, jadi udah dapet restu nih bi…
    Jadi kapan kabar bahagianya?๐Ÿ™‚


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: