Posted by: wibi | February 10, 2008

Entrepreneur Ladders..

cozy home, 07.11 wib

Tulisan ini sama seperti tulisan sebeumnya ketika saya berada dalam kendaraan menuju Ciwidey bersama Coach Prijono Nugroho, Platinum Coach dari ActionCoach, sebuah lembaga konsultasi bisnis terkemuka yang didirikan oleh Brad Sugar.

6 Tangga seorang pengusaha.. Apa saja?

  1. Employee, Karyawan
  2. Self Employee
  3. Managers
  4. Business Owner
  5. Investor
  6. Entrepreneur

Bagaimana penjelasannya.. Berikut saya sampaikan sesuai dengan apa yang saya peroleh.

Yang pertama, Employee

Awal seseorang memilih menjadi seorang pengusaha adalah karena tidak puas dengan lingkungan kerja sebelumnya. Entah itu kondisi pekerjaannya, lingkungannya, atau mungkin gajinya. Setiap karyawan, untuk mendapatkan penghasilan, dia membarterkan waktu dan tenanganya. Nah, ilmu dan pendapatan yang didapat dari bekerja, dia gunakan sebagai modal untuk membangun bisnisnya.

Yang kedua, Self Employee

Seperti kita ketahui, Self Employee mendapat penghasilan dari pekerjaan profesional yang kita lakukan. Seperti seorang dokter, pengacara, atau artis. Jika mereka jatuh sakit, maka berhenti pula keran penghasilannya. Nah dari sini, biasanya mereka tergugah untuk membentuk suatu sistem, agar tanpa kehadiran mereka, penghasilan akan tetap mengalir. Entah itu membangun bisnis atau juga meng-hire profesional lain sebagai gantinya.

Yang ketiga, Manager 

Di tangga ini, seseorang lebih berfokus ke arah management manusia, pengaturan orang. Dan kadang bertindak seperti layaknya pemadam kebakaran. Menyelesaikan permasalahan di mana ada masalah.

Yang  keempat, Business Owner

Ini dia yang disebut oleh Robert T. Kiyosaki sebagai seorang pebisnis yang bisnisnya that works without You. Bisnisnya akan semakin berkembang tanpa kehadiran pemiliknya karena sudah ada sistem yang mengatur.

Yang kelima, Investor 

Seseorang yang berada di tangga ini lebih memfokuskan dalam pembiakkan uang di bidang paper asset. Semisal berinvestasi di Saham dan sebagainya.

Yang keenam, Entrepreneur 

This is the real entrepreneur.  Seseorang yang menciptakan ide menjadi uang. Yang menciptakan sesuatu yang mustahil menjadi uang. Contohnya konkretnya untuk Indonesia adalah seorang Ciputra, yang mengubah kawasan Ancol, yang dulunya tidak dilirik orang menjadi tambang uang yang sangat menjanjikan.

Jadi dimanakah posisi Anda? Jalan terus.. Temukan “Aha” Anda sambil berjalan. Tuhan Maha Adil,  someday we will grab what we want.. amiiieenn..


Responses

  1. benar banget bos, alangkah nikmat jika kita bisa menjalani pekerjaan yang memang kita pilih dan kita senangi. Pada akhirnya Live your own life…:p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: