Posted by: wibi | January 28, 2008

TOUGH.. (Part 2)

cozy home, 07.07 wib

Tulisan sebelumnya bisa dilihat pada link di bawah ini..

TOUGH.. (Part 1)

Pada perjalanannya membangun bisnis, tentu selalu tidak mulus.. Susi mendapat tawaran kerjasama dari rekanan di Jepang untuk membangun pabrik pengolahan hasil laut di Pangandaran. Tujuannya sederhana.. Mendekatkan pabrik ke tempat hasil laut diperoleh agar hasil tangkapan lautnya tetap segar.

Susi menyetujui tawaran itu, dan pabrik pun dibangun dengan menggunakan seluruh dana yang ada. Iya, seluruh dana yang ada, begitu Mbak Susi bilang.

Pabrik selesai dibangun, dan rekan bisnis dari Jepang pun tidak kunjung tiba. Di sini masalah mulai muncul. Dana yang digelontorkan oleh Susi untuk pembangunan pabrik pun sia-sia. Habis sudah tabungan Susi.

Tabungan habis bukan berarti bisnis berhenti. Susi tetap melakukan aktifitas bisnisnya. Hanya kali ini Dia berjualan bukan untuk kepentingan ekspor. Ekspor tidak bisa dilakukan karena dana untuk menyewa kontainer pun tidak ada. Susi melakukan perdagangannya untuk kepentingan lokal saja.

Waktu terus berlalu. Tawaran dari rekan bisnis yang lain, tetap dari Jepang hadir kembali. Rekan bisnis ini sangat percaya dengan kualitas hasil olahan perusahaan Susi.

Susi menyanggupi permintaan dari rekan bisnis yang baru ini. Namun ada syaratnya. “Saya tidak punya uang untuk sewa kontainer”, begitu Susi bilang. Lantas Dia menambahkan, “Beri saya uang muka, dan akan saya bayar tiga bulan ke depan, baru saya penuhi pesanan Anda”, begitu Susi bilang.

hmm, jurus collect early pay later dipake ni hehe…

Rekan bisnisnya pun menyanggupi. Singkat cerita, pesanan selesai diantarkan.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Susi terus berkembang. Langkah untuk menigkatkan kualitas pun terus dicari.

bersambung..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: